Contoh TP ATP Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka, sebagai sebuah inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia, menawarkan fleksibilitas dan relevansi yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek penting dalam implementasi kurikulum ini adalah perancangan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam konteks mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 1, Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar menjadi komponen kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Tujuan Pembelajaran (TP) Akidah Akhlak Kelas 1

Tujuan Pembelajaran (TP) dalam Kurikulum Merdeka disusun dengan memperhatikan capaian pembelajaran yang ingin dicapai siswa pada akhir suatu fase atau jenjang. Dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 1, TP dirancang dengan tujuan:

  • Mengenal Allah SWT: Siswa dapat menyebutkan nama-nama Allah SWT yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mengaitkannya dengan sifat-sifat Allah SWT.
  • Memahami Rukun Iman: Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan secara sederhana rukun iman sebagai dasar kepercayaan seorang muslim.
  • Mengenal Nabi Muhammad SAW: Siswa dapat menceritakan kisah-kisah Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menerapkan Nilai-nilai Akhlak: Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, santun, dan tolong menolong.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Akidah Akhlak Kelas 1

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara berkelanjutan dan terarah. ATP dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 1 dapat disusun berdasarkan tema-tema tertentu.

Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 1

Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang berisi panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Modul ajar Akidah Akhlak kelas 1 yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

  • Fleksibilitas: Modul ajar dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa serta karakteristik daerah.
  • Berpusat pada siswa: Modul ajar dirancang untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang menarik dan menantang.
  • Beragam metode pembelajaran: Modul ajar menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti diskusi, permainan, dan proyek, untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Penilaian autentik: Penilaian dalam modul ajar menekankan pada penilaian kinerja dan produk siswa dalam kehidupan nyata.

Pengembangan Modul Ajar yang Inovatif

Untuk mengembangkan modul ajar Akidah Akhlak kelas 1 yang inovatif, guru dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan media pembelajaran yang menarik: Guru dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran, seperti video, gambar, dan animasi, untuk memperkaya materi pembelajaran.
  • Memanfaatkan teknologi informasi: Guru dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah akses siswa terhadap materi pembelajaran dan meningkatkan interaktivitas pembelajaran.
  • Mengintegrasikan nilai-nilai lokal: Guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai lokal dalam materi pembelajaran untuk memperkuat pemahaman siswa tentang ajaran agama.
  • Kolaborasi dengan orang tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran siswa.

Berikut ini contoh TP ATP Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 Kurikulum Merdeka, yang mana semoga dapat membantu para pendidik di madrasah.

Contoh TP ATP Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 1

2 komentar untuk “Contoh TP ATP Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 Kurikulum Merdeka”

  1. Pingback: Contoh TP ATP Modul Ajar Fikih Kelas 1 Kurikulum Merdeka - MI KHOZINATUL ULUM

  2. Pingback: Contoh TP ATP Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 1 Kurikulum Merdeka - MI KHOZINATUL ULUM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *